Minggu, 22 Juli 2012

Cita-cita di Masa Tua

Aku bersyukur diberi umur yang lebih panjang dari umur daun. Daun hijau, warnanya akan menguning, ia akan jatuh saat tangkainya merelakannya. Begitulah daun akhirnya menjalani masa tuanya, terhampar di tanah dengan sebelumnya bermesraan dengan angin. Begitulah ia ditakdirkan di masa tua, tapi sebuah kehormatan baginya untuk menaati perintah Rajanya untuk membantu tanah menjadi subur dan kemudian melahirkan daun-daun baru nantinya.
Sekarang, di masa muda ini, di kala umur masih belasan banyak sekali teman yang umurnya tak jauh berbeda, di jalan, di kost, di kampus, di masjid, di toko, dimanapun, tempat-tempat itu didominasi oleh para pemuda. Jarang sekali bisa melihat kakek dan nenek tua di sana.
Tapi masih dapat tersaji di suatu tempat apabila kita beruntung dapat melihat, ada pasangan kakek dan nenek yang masih berlaku mesra. Mereka menjalani masa tua dengan kegembiraan bersyukur dapat berboncengan di atas sepeda. Kemesraan semakin terlihat ketika jalan menanjak, sang nenek harap-harap cemas di belakang dengan merangkul erat punggung sang kakek, dan terlihat di wajah kakek usaha kerasnya, seolah ingin mengatakan pada nenek bahwa ia berusaha dan terus berusaha. Keprihatinan tidak membuat mereka berputus asa.
Begitulah masa-masa tua dijalani dengan cinta. Cinta yang tidak diusung dalam hati para pemuda, namun baru bisa mengakar di masa tua.
Ketika ditanya soal cita-cita, yang banyak keluar dari mulut kita adalah keinginan di masa depan sebatas profesi. Namun, kali ini bukan profesi, bukan cita-cita bergaji, mari sama-sama membangun cita-cita sederhana di hari tua nanti.
Mau pilih yang mana? Jadi nenek-nenek (karena aku cewek, jadi pakeknya nenek aja ya) yang kerjaannya tiap hari ngisi TTS, atau nenek-nenek yang tiap hari duduk di teras liyatin orang lalu lalang, atau nenek-nenek yang tiap hari berbaring di kasur, atau nenek-nenek yang dandanannya keremajaan?
Atau jadi nenek-nenek yang super aktif, atau nenek-nenek yang cerewet komentar segala macam hal?
Jagalah masa mudamu maka Allah akan menjaga masa tuamu untukmu.
Begitulah Allah menjanjikan penjagaan eksklusif bagi orang-orang di masa tua, dengan prasyarat saat mudapun menjaga diri dengan menganggap bahwa diri kita adalah raja yang harus dilayani dengan baik (tapi beda dengan memanjakan diri). Lalu apa hubungannya dengan cita-cita di masa tua? Kita bisa bercita-cita, namun Allahlah yang memisahkan daun dengan tangkainya, Allah lah yang mempertemukan daun dengan tanah, Allah lah yang mengatur segalanya. Tak ada guna kita memiliki cita-cita setinggi awan, seidah pelangi, kalau masa muda kita tidak dijaga, yang nantinya pun akan berefek pada masa tua yang tak tertata.
OK. Cita-cita di masa tuaku nanti: menanam tanaman kacang hijau di samping rumah, membuat teh dan menikmatinya di depan rumah dengan pemandangan di depan adalah hamparan sawah dan pepohonan tinggi dan rindang, melihat halaman rumah dipenuhi anak-anak di sore hari, mendengar lantunan ayat suci di tiap waktu di rumah yang udara dan cahaya bisa masuk dengan leluasa, tersenyum dengan kerut di wajah yang membuatku jadi nenek yang cantik, mendongeng di depan banyak anak-anak dan melihat mereka tertawa terhibur olehku saat bercerita, intinya: mengelola lembaga pengembangan potensi anak-anak generasi penopang kemajuan bangsa, di tempat yang dekat dengan alam semesta :) bersama orang-orang di sampingku yang memiliki visi sama: mencari penghidupan dunia berinvestasi surga.
Apa cita-citamu di masa tua? :)

_Diana Azhar Al Rasyid_

7 comments:

Priyo Harjiyono mengatakan...

postingane apik ki :)

halfevil mengatakan...

cita2 yg sama...
harus mulai ditata dari sekarang...

Ihtisyamah mengatakan...

yip :) terimakasih sudah berkunjung

Anonim mengatakan...

Cita-citaku di masa tua? ingin berjiwa muda meski raga tak lagi muda.

Nice posting Mba, Salam kenal :)

Ihtisyamah mengatakan...

Iya mas Slamet Parmanto, Blog nya dan pengalamannya luar biasa :) salam kenal juga.

Anonim mengatakan...

Terima kasih, Happy blogging mba :)

Hon Book Store mengatakan...

Terima kasih untuk postingannya. Salam kenal.

Silahkan dapatkan buku2 terbaru terbitan tahun 2015. Dan dapatkan diskonnya.

http://goo.gl/muzD8w

Silahkan kunjungi balik dan tinggalkan jejak alias komentar.

-Hon Book Store-

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Templates | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Comparisons