Selasa, 29 Januari 2013

Kunjungan BEM FT Universitas Muria Kudus ke FT UNY, bersama Bem Ft Uny 2013

Tidak seperti biasanya, pagi ini (29/01) ada dua bus terparkir di halaman KPLT FT UNY. Bus pertama adalah bus dari bank BNI yang melayani pembayaran SPP mahasiswa, bus ini sebagai bentuk inovasi dari bank BNI agar dapat bergerak mobile.

Kemudian bus yang kedua, dengan warna yang sama, oranye, adalah bus berukuran besar bertuliskan Universitas Muria Kudus.
Ya, pagi ini, Badan Eksekutif Mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik UNY dan disambut oleh teman-teman pengurus BEM FT UNY beserta teman-teman dari ormawa FT UNY.

Warna biru pada jas yang dikenakan mahasiswa UMK menambah daftar kesamaan antara FT UMK dengan FT UNY, selain karena keduanya sama-sama memiliki ranah akademik yang sama, yaitu ke-teknik-an. Seperti teman dekat yang sudah lama tidak bertemu, saat teman-teman dari UMK sampai di altar gedung KPLT, kami saling berjabat tangan dan bertukar sapa. Sebelum akhirnya melaksanakan pertemuan resmi di ruang sidang lantai 2 KPLT.

Pertemuan berlangsung dengan penuh antusiasme dari kedua belah pihak, terutama pasca presentasi dari ketua BEM FT UNY, Ficky Fristiar dan dari Presiden BEM FT UMK, Zaenal Arifin. Ada banyak peserta kunjungan yang ingin mengajukan pertanyaan, didasari keingintahuan dari kedua belah pihak untuk mengetahui sistem kepengurusan satu sama lain, terutama dari BEM FT UMK yang memiliki tujuan melakukan studi banding keorganisasian ke UNY ini.

Salah satu pengurus BEM FT UMK sempat melontarkan pujian kepada sistem pengelolaan keorganisasian di BEM FT UNY, “Saya bendahara umum dari BEM FT UMK . Tadi presentasi yang luar biasa dari BEM FT UNY. Saya sampai terkagum-kagum dan bilang WOW gitu,” tuturnya disertai tawa dan segera mencairkan suasana di dalam ruangan.

Saat diskusi digelar, kedua belah pihak saling bertukar informasi keorganisasian, salah satunya, BEM FT UNY dan BEM FT UMK sama-sama memiliki departemen sosial dan politik, dengan itu keduanya menunjukkan bahwa mahasiswa, baik di UNY maupun UMK memiliki kesadaran sosial kemasyarakatan dan kesadaran politik. Salah satu kesadaran sosial di kalangan mahasiswa FT UNY ditunjukkan melalui pengelolaan desa mitra yang akan meningkat menjadi desa binaan, senada dengan FT UNY, kepedulian sosial di kalangan mahasiswa UMK, dapat tercermin melalui penyaluran bantuan kepada korban-korban bencana di daerah Kudus dan sekitarnya.

Kesadaran politikpun perlu dibangun, untuk menyiapkan para pemikir masa depan bangsa dari basis intelektual mahasiswa. Riuh rendah kesadaran politik di kalangan mahasiswa FT UMK dapat terlihat dalam momentum pemira, seperti yang dikatakan salah satu pengurus BEM FT UMK, “Persaingan politik terlihat ketika adanya pemira. Biasanya ada kubu-kubu, per progdi-progdi mengirimkan utusannya. Dari sanalah aroma persaingan politik di sana mulai tercium. Ada dewan pengawas pemilu, panwaslu biasanya. Itu mungkin salah satu politik yang ada di fakultas teknik (red: UMK).

Diskusi juga menjalar ke pembahasan mengenai program kerja, jika ormawa fakultas teknik UNY memiliki ajang bergengsi tiap tahunnya bernama Techno Fest, BEM FT UMK sendiri memiliki program kerja Techno Camp, “UNY kan agenda tahunannya Techno Fest, kalau UMK memiliki Techno Camp. Techno Camp akan diadakan Mei, kalau dari kami ada lomba TK, SD, SMP, SMA (In the movie), seminar, workshop (solar cell dan robotika), dan ada scary in the screen,” tutur salah satu pengurus dari BEM FT UMK.
Bentuk organisasi yang diadopsi oleh BEM FT UMK adalah bentuk ke-presidenan, sedikit berbeda dengan UNY yang mengambil pola keluarga mahasiswa.
Diskusi melingkar dan tukar informasi yang ada di dalam ruangan itu berakhir sekitar pukul 12.50, dengan sebelumnya ada banyak tawa memenuhi ruang karena pertanyaan-pertanyaan menggelitik yang disampaikan oleh peserta studi banding yang mayoritas laki-laki itu. Studi banding pun mencapai bagian pungkas, yaitu berkeliling fakultas teknik UNY.

Setelah studi banding hari ini, harapannya kedua belah pihak bisa tetap menjadi mitra dalam bidang keorganisasian dan bidang-bidang lainnya.

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Templates | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Comparisons