Rabu, 19 Agustus 2015

Memulai Tarbiyah dari Awal

Ketika banyak orang bilang bahwa tarbiyah itu soal proses....

Aku teringat dengan kisah Ka’ab, teringat juga dengan kisah Khalid bin Walid.

Ini seperti memulai tarbiyah sedari awal. Aku seolah harus membangun diri dari 0, aku harus menegakkan bangunan yang roboh agar kembali tegak. Sedikit demi sedikit. Ya, aku menyebutnya dengan memulai tarbiyah dari awal.

Sebuah momentum besar ini, menjadi lompatan bagiku menuju dunia yang selanjutnya. Dunia dengan Ihti yang baru. Dunia dengan orang-orang baru. Dunia dengan sudut pandang baru. Aku seperti baru terlahir ke dunia.

Hal yang kemudian paling penting diperhatikan adalah hati.

Yang lain boleh dimulai dari awal, tapi hati, tidak. Ia harus pandai mengambil pelajaran, ia harus memanage semua perasaan yang telah dan pernah terjadi agar kesalahan-kesalahan sebelumnya tidak terulang. Ia harus lebih rendah dari sebelum-sebelumnya, ia harus mengurangi maksiat, ia harus menjauhi hal-hal yang mudah merangsang penyakit.

Ia pernah jatuh sebelumnya, maka ia harus stabil dalam waktu-waktu ke depan. Seharusnya ia mengambil pelajaran. Ia pernah membuat kesalahan sebelumnya, lepas kontrol, tak tertahan, maka ia harus lebih stabil ke depan. Seharusnya ia mengambil pelajaran.

Ia pun pernah sakit dan menyakiti, seharusnya ia mengambil pelajaran. Ia harus lebih rendah, rendah, dan lebih rendah dari sebelumnya. Meski segala sesuatu nya harus meninggi, ia tetap harus merendah, tugasnya adalah merendah. Kapasitas, kesehatan, pola hidup, kebahagiaan, kesemuanya harus meninggi, ayo segera kejar target, tapi hati, ia harus tetap rendah.

Aku rasa, hari-hari yang dilewati oleh Khalid dan Ka’ab bukan hari-hari yang mudah setelah momentum itu datang. Aku rasa, hari mereka adalah hari yang luar biasa, mereka pasti memiliki hati yang luar biasa rendah dan iman yang begitu tinggi.

Memulai tarbiyah dari awal, dan kuucapkan selamat datang dunia baru. Selagi aku punya Allah, segalanya telah cukup.

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Templates | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Comparisons