Rabu, 04 Februari 2015

Mungkin Dia Belum Tahu Dhek...

Dulu, di zaman sedang ramai OSPEK di universitas, banyak sekali cerita-cerita menarik yang saya dapatkan, terutama dari adik-adik yang menjadi panitia.

Salah satunya tentang ini.
"Mbak, temenku itu, dia ikhwan (laki-laki) hanif (lurus), tapi aku kaget, waktu dia jadi koordinator lapangan, banyak maba nge fans sama dia, terus minta foto sama dia."

Saya malah jadi penasaran, "Terus kaget nya di bagian mana?"

Adik saya satu ini, malah menjawab dengan nada marah, "Ya kaget mbak, dulu, mas itu *menyebutkan satu nama* waktu jadi ketua bem aja menjaga banget kog."

"Menjaga gimana maksudnya?"

"Mas itu *disebut lagi satu nama* waktu diminta foto sama cewek dia gag berani deket-deket, dan gag mau kalo cuma foto berdua, dia pasti minta si cewek bawa temennya buat foto bareng, lhah ini temenku malah mepet-mepet foto sama cewek," begitulah ia mengungkapkan kekagetannya, yang lebih terdengar seperti komplain.

(yang memang kebanyakan penduduk di fakultasnya adalah perempuan)

Saya tersenyum geli, "Itu temenmu?"

"Iya mbak, " dia menjawab pendek.

Gampang saja jawab saya, "Ya itu berarti tugasmu ngingetin, kan dia temenmu."

Lapangan itu terkadang becek, tak seperti lantai ruang rapat. Seperti apapun gerak di lapangan, sepertinya sulit merealisasikan semua teori seperti di rencana awal. Tapi bukan berarti menyerah pasrah memperbaiki keadaan. 

::::

Bercampur baur (ikhtilat) adalah hal yang dihindari oleh para pencari Ilmu. Karena guru Imam Syafi'i mengatakan, "Ilmu adalah cahaya, dan cahaya tak mau mendatangi orang-orang yang bermaksiat."

Dimana pun berada, menjaga interaksi adalah lebih baik. Dan lebih baik pula apabila kita mau mengingatkan apabila ada yang terlupa tentangnya.

Mungkin dia belum tau dhek, tentang tidak dibolehkannya ikhtilat, kamu yang harus beri tahu kalo gitu. Nah, ketidaktahuan ini yang menjadi bahaya, hanya karena tidak tahu jadinya beberapa hal tidak pas dilakukan. Berhuznudzon terhadap saudara adalah kewajiban kita, ada hak saudara kita di sana. 

Yuk saling mengingatkan. 

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Templates | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Comparisons