Sabtu, 19 Oktober 2013

Beda orang, beda cara berbicara.

Ini adalah salah satu cara menghormati orang yang sedang kita ajak bicara (tidak hanya bicara, tapi juga sms, dan model direct message lain). 

Ceritanya begini, ini masuk dalam salah satu ilmu komunikasi. Ketika kita berbicara dengan simbah, sudah sewajarnya dan sepantasnya bahasa yang digunakan tidak menggunakan "aku" "kamu", begitupun ketika berbicara dengan orang tua kita, guru, dan yang lain yang lebih dituakan. 

Sebenarnya itu bukan aturan baku. Hanya aturan tak tertulis, penjagaan moral di kalangan masyarakat saja.  Tapi karena sudah membudaya, efeknya begitu terasa ketika kita melanggarnya.

***
Contoh ketika kita berbicara dengan nenek, "Nek, kamu punya sendok di dapur? Aku mau makan siomay nek." Alangkah lebih indah di dengar ketika yang dikatakan adalah, "Nek, nenek punya sendok di dapur? Nana mau makan siomay nek." 

Beda dengan nenek, beda pula dengan teman kita.

Bahasa yang digunakan adalah bahasa persahabatan. Kuncinya, bisa menempatkan diri dengan baik ketika berbicara. Dan memang harus 'legowo' ketika berbicara dengan yang lebih tua, tentang segala sesuatu yang dibicarakan, dan tetap menghormati. Karena biasanya yang lebih tua akan 'merasa' lebih berpengalaman.

Eits, yang muda jangan senang dulu. Yang tua juga jangan marah. Memang kodratnya seperti itu sepertinya  Masing-masing kita pun merasakan menjadi 'yang muda' dan menjadi 'yang tua'.

Menjadi yang muda ketika harus berbicara dengan orang tua kita, dosen, guru, budhe, paklik, dan yang lainnya, bagaimanapun kita harus menghormati mereka, minimal dengan senyum tulus. 

Dan menjadi yang tua ketika harus berbicara dengan adik, adik angkatan, murid, dan yang lainnya, kita pun harus mawas diri bahwa tak selamanya kita itu benar  kita pun harus banyak belajar dari yang muda 

Bisa menempatkan diri (sebagai yang tua), dan bisa ditempatkan (sebagai yang muda) itu keren 

masih tentang #muslimKeren 

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Templates | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Comparisons